Metallic Text Generator at TextSpace.net

Sabtu, 04 Juli 2009

Tidur Selama Bertahun-Tahun Tanpa Makan dan Minum



Dalam surat Albaqorah ayat 259 Allah SWT berfirman : Atau apakah (kamu tidak memperhatikan) orang-orang yang melalui suatu negeri yang (temboknya) telah roboh menutupi atapnya. Dia berkata: “Bagaimana Allah menghidupkan kembali negeri ini setelah roboh” Maka Allah mematikan orang itu seratus tahun, kemudian menghidupkannya kembali. Allah bertanya: “Berapakah lamanya kamu tinggal di sini?”. Ia menjawab: “Saya telah tinggal di sini sehari atau setengah hari”. Allah berfirman: “Sebenarnya kamu telah tinggal di sini seratus tahun lamanya; lihatlah kepada makanan dan minumanmu yang belum lagi berobah; dan lihatlah kepada keledai kamu (yang telah menjadi tulang belulang); Kami akan menjadikan kamu tanda kekuasaan Kami bagi manusia; dan lihatlah kepada tulang belulang keledai itu, bagaimana kami menyusunnya kembali, kemudian Kami menutupnya kembali dengan daging”. Maka tatkala telah nyata kepadanya (bagaimana Allah menghidupkan yang telah mati) diapun berkata: “Saya yakin bahwa Allah Maha kuasa atas segala sesuatu”.(QS.2:259)
Mungkin ayat ini bagi sebagian Manusia terkesan terlalu fantastis, karena secara logika hal ini tidak akan mungkin terjadi. Tapi pernahkah Anda mendengar ada katak yang bisa tidur panjang tanpa makan dan minum selama bertahun-tahun? Nah, ini dia yang dapat menjadi referensi kita untuk mengimani ayat diatas.
Katak bawah tanah (Cyclorana alboguttata) mampu hidup terkubur dalam tanah bertahun-tahun tanpa makanan dan air. Tim ilmuwan asal Universitas Queensland, Australia, berhasil membongkar rahasia kemampuan tidur alias hibernasi superpanjang ini.
Menurut para ilmuwan, rahasia dari tidur panjang katak ini adalah pada suatu sel bernama mitokondria. Lewat sebuah proses mitochondrial coupling, hewan luar biasa tersebut dapat memaksimalkan energi yang mereka punya untuk bertahan hidup dengan jalan meningkatkan jumlah total energi yang didapat per satu unit energi yang dikonsumsi. Dengan begitu, katak tersebut tidak akan pernah kehabisan energi.
Itulah kekuasan Allah SWT yang diluar nalar kemampuan logika manusia, dengan Allah dapat menidurkan katak selama bertahun-tahun tanpa makan dan minum, maka sangat mudah bagi Allah untuk menidurkan manusia selama ratusan tahun. Sebagai hamba yang lemah hendaknya kita selalu terus belajar mengimani pada apa-apa yang telah di firmankanNya meskipun itu diluar nalar manusia.
Sumber : Al-Qur’anul Karim, MSNBC.