Metallic Text Generator at TextSpace.net

Selasa, 17 Februari 2009

Menghadapi Musim PHK


PHK 3 kata yang menakutkan bagi sebagian orang, terutama para karyawan perusahaan. krisis global yang berkepanjangan membuat para pengusaha tidak mendapat order dari klien yang mengakibatkan pengusaha tidak kuat lagi membayar karyawannya.

bagi karyawan yang terkena PHK tidak mudah untuk mendapatkan pekerjaan lagi karena hampir semua perusahaan mempunyai permasalahan yang sama. PHK merupakan salah satu ujian bagi kita semua, bagi yang saat ini telah mendapatkan PHK yakinkanlah pada diri kita bahwa ini adalah ujian dari Allah SWT.

Agar tidak terlarut dalam kesedihan Rasulullah telah memberikan tips untuk kita, yaitu dengan cara mengimani taqdir apapun yang menimpa kita:

اْلإِيْمَانِ بِاْلقَدَرِ يُذْهِبُ الْهَمَّ وَاْلحَزَنَ * رواه الحاكم
Iman pada qodar menghilangkan susah kecil dan susah besar. (HR. Al-Hakim)

untuk dapat mengimani taqdir Allah swt kita harus meyakini dibalik semua ujian yang datang pada diri kita Allah telah memiliki rencana yang terbaik untuk kita, diantaranya :

1. Allah ingin mengetahui kadar keimanan hambanya.

أَحَسِبَ النَّاسُ أَن يُتْرَكُوا أَن يَقُولُوا آمَنَّا وَهُمْ لَا يُفْتَنُونَ * وَلَقَدْ فَتَنَّا الَّذِينَ مِن قَبْلِهِمْ فَلَيَعْلَمَنَّ اللَّهُ الَّذِينَ صَدَقُوا وَلَيَعْلَمَنَّ الْكَاذِبِينَ
Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.(QS.29:2-3)

2. Allah ingin menhapus dosa-dosa kita.

مَايَزَالُ اْلبَلاَءُ بِالْمُؤْمِنِ وَاْلمُؤْمِنَةِ فِى نَفْسِهِ وَوَلَدِهِ وَمَالِهِ حَتَّى يَلْقَ اللهَ وَمَا عَلَيْهِ خَطِيْئَةٌ * رواه الترمذى
“tidak henti-hentinya cobaan menimpa pada orang Iman laki-laki maupun perempuan didalam dirinya anaknya hartanya sehingga berjumpa pada Allah dan baginya tidak ada dosa.” (HR. Tirmidzi)

3. Ujian merupakan bentuk cinta kasih sayang Allah pada hambanya.

عِظَمُ اْلجَزَءِ مَعَ عِظَمِ اْلبَلاَءِ وَاِنَّ اللهَ اِذَا اَحَبَّ قّوْمًا ابْتَلاَهُمْ فَمَنْ رَضِيَ فَلَهُ الرِّضَا وَمَنْ سَخِطَ فَلَهُ الشُّخْطُ * رواه ابن ماجه
Dari Anas bin Malik, Rasulullah bersabda “besarnya pembalasan bersama besarnya cobaan, dan sesungguhnya Allah ketika mencintai pada kaum maka Allah akan mencoba pada mereka. Maka barang siapa rido maka banginya rido(-Nya) dan barang siapa yang marah maka baginya murka(-Nya).” (HR. Ibnu Maajah)

Semoga kita semua menjadi Hamba Allah yang bertaqwa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar